Ciptakan Terobosan Baru ! Penyuluhan Praktik Canggih KKN PMD UNRAM Sukses di Gelar


Mataram | Halo Mandalika - Universitas Mataram (UNRAM) melalui Mahasiswa bersemangat dari KKN PMD menghebohkan desa Sapit dengan penyuluhan praktik terobosan terbaru Dengan komposisi komplit. Giat kreatif ini berlangsung di aula Kantor Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Kamis, (25/1/2024)

Selain itu, meracik pestisida nabati dan pupuk organik cair dari bahan alami, termasuk rempah-rempah dapur rumah tangga. sehingga bisa homogen komposisi nya.

Aryansakti selaku ketua kelompok KKN-PMD Desa Sapit menyampaikan, Kegiatan ini hadir untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa Sapit tentang cara membuat pestisida nabati dan pupuk organik cair dari bahan sekitar yang mudah ditemukan. 

"Ini adalah langkah Revolusioner melawan hama tanaman, membebaskan petani dari ketergantungan pada Pestisida kimia. Pestisida nabati tidak hanya mengontrol hama secara ramah lingkungan, tetapi juga menyelamatkan ekosistem di sekitar tanaman, tanpa membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. "Imbuhnya.

Kegiatan puncak ini diperhelat pada Rabu, 10 Januari 2024, diikuti dengan praktik pembuatan yang dipandu oleh dua pemateri ahli, Muhammad Amin SP. dan Alimuddin SP. dari Unit Pelaksana Teknis Pertanian dan Penyuluhan (UPTPP) Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. 

Acara dihadiri oleh deretan tokoh, mulai dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Wilayah, Perwakilan Kelompok Tani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, hingga Perwakilan Karang Taruna Desa Sapit.

Sambungnya, diharapkan masyarakat Desa Sapit dapat menjadi maestro pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik Cair di rumah mereka sendiri, menggunakan bahan ramah lingkungan dan rempah-rempah lokal. 

"Terobosan ini tak hanya memberi wawasan baru, tetapi juga menegaskan pentingnya menjaga kelestarian alam, mengurangi kerusakan tanah pertanian, dan meminimalisir penggunaan berlebihan pestisida serta pupuk kimia"Pungkasnya.(HM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satuan Denkesyah Mataram Gelar Pelepasan Purna Tugas Militer 2024

Grand Opening! RSAD Sultan Abdul Kahir II Bima mulai Beroperasi, Berikut Fasilitas dimiliki !

Dandenkesyah Mataram Memaparkan Gizi Seimbang Anak Kepada Kader Desa Bilalande