Kagumi Inovasi! Pj Gubernur : desa Kembang Kuning Juaranya Kelola Aset


Lombok Timur | Halo Mandalika - Pemerintah Kota Mataram Provinsi NTB Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hassanudin disambut antusias, disebutkannya desa wisata prioritas dengan sederet prestasi, ia juga mengagumi inovasi dan masyarakat desa Kembang Kuning dalam mengelola aset wisata desa. Turut hadir mendampingi Pj Bupati Lotim, Kapolres Lotim dan pejabat Setprov NTB

" Saya berharap ini berkelanjutan dalam pengelolaan dan inovasi juga dapat menghadapi perubahan zaman namun tidak meninggalkan masyarakat dan ini sungguu luar biasa", jelas Gubernur di salah satu penginapan di Desa Wisata Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Minggu, (28/07/2024).

Ia mengapresiasi pencapaian desa Kembang Kuning dalam pengembangan kawasan wisata ini dengan keramahan, kelestarian dan pelibatan masyarakat sekaligus pemanfaatan teknologi dalam pemasaran.

HL Sujian selaku Kepala desa Kembang Kuning menjelaskan capaian Desa Kembang Kuning sebagai juara desa wisata nasional, pengembangan dan kearifan lokal dalam menjaga warisan alam.

"Salah satunya angka kriminal dan angka pengangguran nol karena seluruh masyarakat terlibat sebagai pengelola wisata jelasnya.

Disebutkannya, profil desa wisata Kembang Kuning telah merambah mancanegara apalagi nusantara. Saat kunjungan Gubernur hari Ahad ini saja, rombongan 200 orang wisman dan puluhan wisnu hilir mudik dengan tujuannya. Dengan kapasitas 300 kamar, setiap warga masyarakat berpartisipasi dengan bidangnya masing masing dalam mendukung wisata karena yang dijual adalah  keindahan alam dan keramahan. Berbagai menu wisata juga dapat ditemui terutama trip wisata pendakian Rinjani.

Namun demikian, warga masyarakat berharap seiring dengan tingkat kunjungan yang meningkat, akses jalan dapat diperlebar.

Ia menambahkan pula, strategi pengembangan desa wisata yang melibatkan pemodal dari luar namun dalam bentuk kerjasama agar kepemilikan aset tetap menjadi milik warga asli Desa Kembang Kuning.(HM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satuan Denkesyah Mataram Gelar Pelepasan Purna Tugas Militer 2024

Grand Opening! RSAD Sultan Abdul Kahir II Bima mulai Beroperasi, Berikut Fasilitas dimiliki !

Dandenkesyah Mataram Memaparkan Gizi Seimbang Anak Kepada Kader Desa Bilalande